Viddsee Juree Indonesia

Panggilan untuk Pendaftaran

Tidak Dipungut Biaya Bagi Pembuat Film

Viddsee Juree Awards adalah kompetisi yang dibuat untuk merayakan film-film terbaik Asia pilihan juri dari semua genre; fiksi, dokumenter dan animasi.

Pada edisi Viddsee Juree 2018 ini, pembuat film pendek Indonesia berkesempatan untuk terlibat; ditonton dan dinilai oleh panel juri internasional. Film-film terpilih akan ditonton oleh jutaan penonton di Viddsee.com dan dipilih untuk diputarkan di berbagai kota di Indonesia.

Kompetisi ini adalah bagian dari komitmen Viddsee untuk merayakan dan mendukung para pembuat serta komunitas film di Asia.

Pemutaran dan malam penghargaan akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 19 - 21 Juli 2018. Semua rincian dan rangkaian acara akan diperbaharui di sini.

Hadiah

Dana Produksi Film Viddsee

Viddsee akan memberikan hadiah sebesar Rp40 juta kepada pemenang Gold Award sebagai Dana Produksi untuk produksi film pendek. Viddsee juga akan memberikan pemenang Silver Award hadiah sebesar Rp20 juta sebagai Dana Produksi. Kedua pembuat film dapat bekerja sama dengan Viddsee Studio mulai dari kreasi ide hingga menyelesaikan dan mendistribusikan proyek ini di platform Viddsee. Proyek dijadwalkan selesai dalam waktu 12 bulan setelah tanggal penganugerahan.

Mikrofon dan Aksesoris Audio

RØDE akan memberikan hadiah kepada pemenang Gold Award berupa NTG3 super-cardioid shotgun microphone, Boompole Pro, Blimp Wind Shield and Shock Mount System, PG2R Pistol Grip Shock Mount, WS7 Deluxe Wind Shield. Sementara pemenang Silver Award akan mendapatkan VideoMic Pro+.

Hadiah lainnya akan segera diumumkan!

Juri

Anusorn Soisa-ngim

Anusorn Soisa-ngim adalah seorang pembuat film new wave Thailand lulusan Universitas Bangkok jurusan Film dan Seni Drama. Ia membuat sebuah film dokumenter untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa. Karyanya yang berjudul “Why I’ve Left Behind” (2014) mendapat pendanaan dari Busan Film Commission, Korea Selatan dan difilmkan di China. Selain itu, film pendeknya yang berjudul “Present Perfect” (2012) dan “There is No Space For Me” (2015” juga telah dikenal luas di berbagai festival film terkemuka di seluruh dunia. Karya terbarunya, “Present Perfect แค่นี้ก็ดีแล้ว” (2017) merupakan film Thailand pertama yang didanai oleh Pemerintah Hokkaido, Jepang. Film ini dimodifikasi dan disesuaikan dari film pendek lamanya di tahun 2012. Ia memenangkan Best Film Award di LGBTQ Amsterdam Film Festival, Belanda. Filmnya diputar di berbagai festival film terkemuka di seluruh dunia, seperti World Film Festival di Bangkok, Thailand, SERILE FILMULUI GAY International Film Festival, Rumania, dan Festival Film Western Visayas, Filipina. Film tersebut baru saja dirilis di Taiwan dan begitu popular hingga tiket terjual habis dalam hitungan menit.

Ismail Basbeth

Lahir di Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia pada tahun 1985. Ia telah mempelajari musik tradisi dan ilmu komunikasi sebelum jatuh cinta pada ilmu pembuatan film. Ia belajar ilmu film secara otodidak dan juga merupakan alumni dari Berlinale Talent Campus di Jerman dan Asian Film Academy di Korea Selatan dimana ia memenangkan penghargaan BFC & SHOCS Scholarship Fund. Sejak tahun 2008, ia telah menyutradarai dan memproduksi sepuluh film pendek yang mendapat perhatian dari berbagai macam festival bergengsi di dalam maupun luar negeri, sebelum akhirnya membuat film panjang. Ia adalah seorang produser dan pendiri dari Matta Cinema, sebuah rumah produksi yang fokus pada pembuatan karya film berbasis penonton serta capaian artistik yang bekerjasama dengan sutradara-sutradara kreatif nan unik untuk penonton global. Ia juga adalah seorang produser dan pendiri dari Bosan Berisik Lab, sebuah laboratorium lintas disiplin seni bersifat non-profit, yang bekerja untuk merangsang tumbuhnya pembuat-pembuat film serta seniman muda dalam membuat karya-karya eksperimental nan kreatif. Ia juga adalah salah satu pendiri serta juru program dari Jogja-NETPAC Asian Film Festival, sebuah festival film yang memberikan perhatian pada perkembangan karya-karya film Asia dan diadakan setiap tahunnya di kota budaya Yogyakarta.

Deependra Gauchan

Memulai dari tahun 1986, Gauchan telah menulis, mengarahkan, dan memproduksi lebih dari 50 film, termasuk film pedant, film panjang, dan dokumenter. Pada rentang 2003-2015, Gauchan beverja sebagai Produser Eksekutif untuk BBC Media Action, badan amal pembangunan internasional BBC, pada beberapa proyek media terbesar di Vietnam dan Kamboja. Ia saat ini menjadi Penasihat untuk Departemen Sinema dan Difusi Budaya, Kementerian Kebudayaan dan Seni Rupa, Pemerintah Kerajaan Kamboja, di mana ia menjalankan Lab Film Kamboja, fasilitas pelatihan untuk penulis, sutradara, dan aktor. Gauchan merupakan Creative Director di ComeTogether, sebuah perusahaan sosial yang bertujuan untuk memicu perubahan di Kamboja melalui imajinasi, kreativitas, dan kolaborasi dengan menggunakan media, seni, dan kewirausahaan sosial.

Syarat & Ketentuan

  • Film harus sudah selesai dibuat setelah 1 Januari 2016;

  • Untuk mengikuti kompetisi ini, kalian harus mendaftarkan film mulai 15 Maret 2018;

  • Batas akhir pendaftaran: 1 Mei 2018;

  • Diperbolehkan bagi film yang sudah tayang dan/atau tersedia secara daring (contoh Youtube, Vimeo);

  • Semua genre film diterima; fiksi, dokumenter dan animasi;

  • Film dapat menggunakan bahasa/dialek asli. Bagi film yang tidak berbahasa Inggris wajib menyertakan subtitel yang tercetak di film atau memberikan file format .srt dengan salinan asli;

  • Viddsee tidak menerima karya yang masih dalam proses penyelesaian atau trailer/cuplikan;

  • Durasi maksimum adalah 30 menit termasuk titel kredit penutup;

  • Film yang terseleksi Viddsee Juree akan ditampilkan di platform Viddsee dan tidak boleh diturunkan dalam kurun waktu 1 tahun;

Untuk memenuhi kualifikasi, film harus memenuhi 2 dari 3 poin ini;

  • Sutradara berdomilisi di Indonesia atau Warga Negara Indonesia;

  • Produser Eksekutif dan/atau Produser dan/atau Penulis Skrip harus Warga Negara Indonesia atau berdomisili di Indonesia;

  • Produksi film setidaknya dilakukan 70% di Indonesia.

Pendaftaran Dibuka
15 Mar 2018
Pendaftaran Ditutup
1 Mei 2018
Seleksi Film
1 - 5 Mei 2018
Pengumuman Finalis & Rilis Film
22 Mei 2018
Seleksi Juri
1 - 15 Jun 2018
Malam Penganugerahan
19 - 21 Jul 2018

Pedoman Pendaftaran

Format file yang dipilih

  • MP4 atau MOV

  • H.264

  • Resolusi minimum 720p atau lebih tinggi.

  • Lihat di sini untuk melihat secara rinci persyaratan video bila kamu ingin memastikan spesifikasi encoding.

Pilih salah satu metode untuk mendaftarkan filmmu.

Berikut beberapa langkah pendaftaran daring:

    Kunjungi creator.viddsee.com;

    Daftar untuk akun Viddsee Creator menggunakan akun Facebook atau email;

    Email verifikasi akan membutuhkan waktu sekitar 1-2 menit untuk masuk ke kotak masuk Anda. Jika Anda tak menerimanya, mohon periksa folder spam.

    Isi rincian personal untuk menyelesaikan “Film License Agreement”;

    Klik tombol Add a new film untuk memulai unggah filmmu;

    Untuk pertimbangan pemrograman, Viddsee menerima tautan online tanpa adanya watermark/logo. Untuk melakukannya, mohon isi tautan file video Anda seperti WeTransfer, Google Drive, Dropbox. Tautan dari Vimeo atau YouTube juga kami terima.

    Tuliskan jureeID2018 pada kotak isian “Referral code”;

    Setelah Anda mengisi semua rincian yang diperlukan, sila loncat ke bagian 5. Lalu, tuliskan jureeID2018 pada kotak isian “Referral code”.

    Daftarkan filmmu untuk kurasi Viddsee. Kami akan otomatis mengabarkan untuk status pendaftaranmu!

    Bila kamu punya pertanyaan, silahkan hubungi submit@viddsee.com. Atau temui kami di acara-acara pemutaran film komunitas dan bawa serta filmmu!

Bila kamu tidak bisa melakukan pendaftaran daring, kamu bisa mengikuti langkah berikut;

    Isi formulir perjanjian lisensi film daring kami:
    https://creator.viddsee.com/#film-license

    Kirim filmmu dalam bentuk DVD/Flashdisk dalam bentuk file .mov atau .mp4 format HD ke:
    Attn: Dimas Jayasrana/Spektakel ID Jl. Kwitang Raya No. 14, Senen, Jakarta 10420,
    HP:
    +62 858 1011 7508

    Beri label nama sutradara dan kontak rinci seperti email, alamat, nomor telepon di DVD/Flashdisk;

    Sertakan sinopsis film (dalam bahasa Inggris) dan tahun produksi, sebagai contoh: 2016.

    Bila kamu punya pertanyaan, silahkan hubungi submit@viddsee.com. Atau temui kami di acara-acara pemutaran film komunitas dan bawa serta filmmu!

Proses Keseluruhan

Setelah kamu mendaftarkan filmmu, akan ada proses seleksi oleh tim kurasi Viddsee. Setelah proses seleksi selesai, kami akan mengirimkan email notifikasi ke pembuat film yang terpilih. Bila filmmu terpilih untuk Viddsee Juree, akan diputarkan secara daring di platform Viddsee.com mulai 22 Mei 2018 (tentatif) dan ditambahkan pada kanal “Viddsee Juree Indonesia”. Dari semua film yang terseleksi, tim kurasi Viddsee akan memilih 10 film terunggul untuk mengikuti partisipasi lebih lanjut pada segmen ‘In competition’ dimana juri akan memilih film-film pemenang dari segmen tersebut.

Mitra Pendukung